Saturday, January 8, 2011

Urus IMB

Saya urus IMB di Jakarta Utara dengan proses normal, dari seminggu awal puasa baru ditelp orang kecamatan tadi siang. (hampir 2 bulan ya?).
Sebenarnya urus tetek bengeknya ada di postingan lama.

Saya coba ulang:

A. Proses utk IMB (utk bangunan dibawah 200m2) :

  1. Datang ke SUDIN P2B di Kecamatan sesuai lokasi tanah/rumah
  2. Beli & isi formulir permohonan IMB + meterai 6000
  3. Lampirkan :
    - FC KTP
    - FC pembayaran PBB terakhir, bawa juga SPPTnya.
    - FC sertipikat
    - FC akte jual beli (saya tidak pakai)
    - Peta /gambar tata kota. (urus ke bagian tata kota, ada juga di kecamatan). Kalo normal biasanya 1 minggu, ada orang yg datang ke rumah untuk ngukur tanah. Biaya sih ga sampai 100 ribu (luas dibawah 200m)
    - Gambar teknik bangunan yang akan didirikan (biasa disebut dengan blue print)-sesuai arahan member dulu, bikinnya sama orang kecamatan aja, dijamin langsung diapprove. Biaya sekitar 300 rb. Saya malah minta luas bangunan tidak lebih dari 100 meter supaya distribusinya tidak mahal. Rp 500/m.
    - Surat persetujuan tetangga kiri, kanan & belakang g. optional (saya tidak pakai)
    - FC IMB lama (utk IMB renovasi)
  4. Bayar retribusi sesuai dengan perhitungan (ada baiknya tanyakan aturan detilnya), bisa dicek ke http://dppb.jakarta.go.id/data/imb.htm . Intinya ada retribusi satuan bangunan (dihitung permeter), retribusi pengawasan bangunan dan retribusi bangunan tambahan.(ga ngerti, tp bisa dilihat dari gambar kavling dari tatakota) jangan lupa minta kuitansi/tanda terima.
  5. IMB terbit sekitar 10 hari kerja setelah di-submit
Untuk jelasnya sebaiknya bapak baca papan pengumuman yg ada di loket pembuatan IMB. Di situ lengkap ada tata cara dan perhitungan biayanya.
Kecuali yg retribusi bangunan tambahah itu. Jangan lupa minta bukti pembayaran.untuk segala jenis pembayaran.

Satu lagi, Pak. Kalo mau pakai cara normal bapak harus sabar. Jangan minta buru2. Saya sih ga ada yg nawarin macem2, karena saya pakai "seragam". Biaya IMB 300ribu plus tata kota habis 100ribu kurang. Biaya jasa bikin blue print 300rb. Semua normal, cuma kudu sabar. Untung saya ga buru2 mau renov rumah.Tinggal ambil IMB plus papannya. Ga tahu nih, ada yg berani minta duit buat papannya ga, karena setahu saja sih sudah termasuk biaya IMB.

0 comments: